Lebaran Over The Years | BOX & TALE
CHOOSE THE BOX, GIFT ITEMS, & CARD | BUILD A BOX

Lebaran Over The Years

Hi guys!

Moment Idul Fitri atau Lebaran adalah salah satu event yang paling di tunggu-tunggu oleh team Box & Tale. Lebaran merupakan waktu bagi banyak orang menjalin kembali hubungan dengan sesama dan mempererat kasih dengan orang tersayang dalam semangat bulan suci.  Box and Tale sudah mulai menyiapkan hampers lebaran sejak 2018 and we’ve been updating our yearly Eid Package ever since! Berawal dari brainstrom ide, sampai akhirnya kantor penuh dan hecticnya packing selalu terbayar dengan review dari setiap customer Box & Tale.

 

BOX & TALE’S FIRST EID

Lebaran tahun 2018 Box & Tale terjadi saat dua – tiga bulan setelah kami launching dan kita bersemangat banget saat itu karena ini adalah event besar pertama kita. Hampers Lebaran 2018 dimulai dengan dua jenis box paket lebaran, dimana paket pertama berisi tiga kue kering dengan kurma, dan paket kedua adalah paket yang berisi kue kering, kurma, dan custom mug selamat Idul Fitri. Persiapan yang dilakukan tidak lama dan semuanya serba simple. Foto yang kami ambil semua dilakukan di coffee shop dan langsung kami pasarkan dengan sistem Pre-Order.

Produksi hampers dilakukan di rumah salah satu tim kami dan at the end Box & Tale berhasil menjual 60 paket lebaran yang dibeli secara personal maupun korporat seperti Astra. Momen ini merupakan salah satu milestone Box & Tale!

 

2019 EID PACKAGES

Belajar dari pengalaman di tahun 2018, pada tahun ini Box & Tale mengeluarkan lebih banyak lagi variasi paket lebaran agar bisa menjangkau lebih banyak lagi customer. Hampers lebaran ini terdapat varian isi Box dengan aneka ragam kue kering lebaran seperti nastar, putri salju, dried bouquet flower, kopi, dan teh. Box dan harga yang ditawarkan juga lebih beragam sehingga customer punya lebih banyak opsi.

Lebaran kali ini merupakan tantangan tersendiri karena armada kita untuk packing berkurang. Dua orang dari co-founder kami sudah tidak menjalani Box & Tale dan kita masih belum fokus 100% alias masih sambil kerja di tempat lain. Tapi, kita berhasil menjual 250 paket hampers lebaran dan salah satu moment yang tidak bisa kami lupa adalah di hubungi langsung oleh Tyas Mirasih via Instagram Direct Message tentang hampers lebaran ini!

 

OUR PIVOTAL MOMENT, EID IN PANDEMIC

Tahun 2020 bukan merupakan waktu yang mudah bagi kita semua. Pandemi yang mulai masuk ke Indonesia memaksa tim Box & Tale harus bekerja dari rumah masing – masing. Beruntung karena kegiatan Box & Tale bersifat online dan kita sudah punya karyawan yang tinggal di kantor sehingga operasional Box & Tale tetap bisa berjalan tanpa harus pergi ke luar. Awalnya kita sedikit pesimis karena adanya pandemi Covid-19, banyak usaha yang gulung tikar, beberapa orang terkena PHK, dan secara garis besar keadaan ekonomi sedang turun. Kita berpikir, karena pembelian kado ini merupakan hal yang tersier, tidak dipungkiri bahwa ada ekpektasi penjualan akan menurun. Namun, tim Box & Tale sangat bersyukur karena justru hal ini berbanding terbalik. Kehadiran kita justru bisa menghubungkan banyak orang yang tidak bisa bertemu, yang berada jauh dari kerabat dan keluarga. Ini kami sadari saat lebaran 2020.

Sebagai salah satu perayaan besar, banyak orang tentunya ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat di rumah. Namun lebaran tahun ini berbeda karena pemerintah mengeluarkan larangan mudik. Bersyukur karena hal ini berdampak baik untuk Box & Tale. Ada empat paket yang kami keluarkan dan semuanya sold out. Tim Box & Tale akhirnya mengumpulkan stock yang tersedia dan mengeluarkan beberapa paket baru dengan jumlah terbatas dan semuanya lagi – lagi sold out, bahkan hingga beberapa hari setelah Lebaran masih ada yang ingin membeli!

Moment Lebaran 2020 ini merupakan salah satu milestone besar untuk Box & Tale dan merupakan titik balik, awal mula pertumbuhan pesat kami pada saat pandemi. Penjualan meningkat hingga tiga kali mencapai 600 box dan sejak saat itu terus meningkat hingga saat ini. Video singkat Idul Fitri ini bisa kalian lihat pada link ini yaa https://vt.tiktok.com/ZSe1vS3Uu/

 

THIS YEAR’S EID

Fast forward a year, we’ve curated different gift box ideas. Tahun ini, Box and Tale ingin lebih all-out dan membuat momen lebaran 2021 menjadi semakin spesial dengan launching brand new Olive Box Series. Selain itu juga terdapat opsi untuk menggunakan rattan basket instead, seperti pada Ghaffar package. Tahun ini kami juga menghadirkan lebih banyak variasi kue kering lebaran seperti nastar, kastengel, chocolate cookies, snow white cookies, dan dipadukan dengan isi kado pilihan lainnya. Dalam hampers tersebut juga terdapat postcard yang dapat di-custom dengan foto kenangan bersama orang tersayang sehingga hampers lebaran yang dikirimkan menjadi semakin personal.

Salah satu milestone besar juga dilalui tahun ini, karena Box & Tale berhasil mengirimkan lebih dari 1500 hampers lebaran https://vt.tiktok.com/ZSe1vg61G/. Tim sampai harus menginap berhari – hari untuk menyelesaikan semua order. Tidak terasa akhirnya semua terkirim dan kita happy banget dengan lebaran kali ini dari sisi paket hampers yang ditawarkan dan jugaa produksi, menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Klik link berikut untuk sekilas video lebaran tahun ini https://vt.tiktok.com/ZSe1cegGw/!

 

WHAT’S NEXT?

Eid Holiday 2021 sudah berlalu, kira – kira bagaimana pengalaman teman-teman dengan hampers lebaran 2021 Box and Tale? Apakah teman-teman memiliki ide dan harapan tertentu buat hampers lebaran 2022 nanti? Yuk boleh banget, teman-teman bisa DM gift box ideas ke instagram kita di @Boxandtale . Who knows, gift box ideas teman-teman bisa kita wujudkan di hampers lebaran 2022 Box and Tale!